Kabarperistiwa.com – Bawang putih jadi salah satu bumbu dapur yang tak pernah bisa dipisahkan dari kuliner Indonesia. Bukan hanya jadi penambah cita rasa, bumbu dapur yang satu ini juga sudah terbukti punya banyak khasiat bagi kesehatan.

Hasil Penelitian menemukan bahwa bawang putih memiliki manfaat luar biasa untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah secara alami.

Bagi penderita kolesterol tinggi dan hipertensi bisa mengonsuminya secara rutin.

Manfaat Bawang Putih Rebus

Manfaat Bawang Putih Rebus
Kabarperistiwa.com/Foto/Detikcom

Baca: 6 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

Simak penjelasannya berikut ini:

1. Bawang Putih Kukus untuk Penderita Hipertensi

Bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, kamu bisa mengolahnya melalui beragam cara. Salah satunya dengan cara mengukusnya, yang tentunya dalam keadan kulitnya sudah dikupas.

Bawang Putih Kukus untuk Penderita Hipertensi
Kabarperistiwa.com/Kolase – Ist.

Kamu bisa mengonsumsi masing-masing satu siung untuk dua kali makan dalam sehari. Sedangkan bagi kamu yang mungkin tak bisa memakannya secara langsung, kamu juga bisa merebusnya selama lima menit kemudian dikonsumsi bersama makanan lainnya.

Jika bosan, kamu bisa membuatnya dalam bentuk jus, satu kali dalam sehari. Buatlah jus yang terdiri dari dua siung bawang putih, beberapa daun seledri, dan tambahkan air. Kemudian, cara lainnya adalah kamu juga  juga bisa mengonsumsi dengan cara diseduh. Sebelum diseduh menggunakan air panas, tumbuk atau gepreklah terlebih dulu, lalu minum dalam keadaan hangat sebelum tidur.

2. Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Nah, bagi penderita kolesterol tinggi, ada beberapa cara mengolah bumbu dapur jenis Allium sativum yang satu ini, yang baik untuk menurunkan kolesterol. kamu bisa merebus bumbu dapur ini yang  tentu sudah dikupas kulitnya. Namun, jangan merebusnya terlalu lama. Jika terlalu lama justru akan menghancurkan kandungan di dalam bawang tersebut

Nah, mengapa perlu direbus?

Sebagai informasi, proses perebusan ini bisa membuat bawang putih lebih enak untuk disantap. Setelah direbus, kamu bisa blender dan jangan sampai hasilnya terlalu cair dan terlalu kental.
Kemudian, tambahkan bawang goreng dan campurkan pada makanan yang akan dikonsumsi.

Nah, mengapa perlu direbus
Kabarperistiwa.com/Foto/Gridid

Selain itu, kamu juga bisa lho meraciknya dalam bentuk bubuk atau tablet. Disebutkan, hal ini  efektif menurunkan kolesterol antara 500 hingga 100- mg kolesterol.
Namun perlu diingat, sebaiknya konsultasi dulu pada dokter, Konsultasi ini diperlukan agar Anda tak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi bawang putih.

Hal itu diperlukan agar penambahan pengobatan alami ini, dosisnya bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh saat ini. selamat mencoba. Semoga bermanfaat.*

Share.