Kabarperistiwa.com – Banyak di antara kita yang langsung mandi saat bangun tidur. Padahal, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini adalah hal yang membahayakan bagi tubuh kita? Saat bangun tidur, tidak semua diantara kita lansung melakukan aktivitas tertentu.

Ada yang bangun tidur lansung Mandi karena terlambat datang sekolah atau ke kantor karena bangun kesiangan. Ada pula yang bangun tidur langsung mengecek media sosial, minum air putih, atau pun aktivitas lainnya.

Akan tetapi, ada juga loh yang bangun tidur langsung mandi, bahkan hal ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang, apalagi bagi mereka yang bangun terlambar.

Hipotensi Postural

Betul bahwa setelah mandi, badan terasa segar, namun ada bahaya yang mengintai bagi seseorang yang baru bangun langsung mandi. Dilansir dari berbagai sumber, inilah kenapa tidak boleh mandi saat baru bangun tidur. Berikut ini 6 bahaya bangun tidur langsung mandi yang dikutip dari berbagai sumber.

Bangun tidur langsung mandi bukanlah hal yang baik bagi kesehatan karena dapat menyebabkan hipotensi postural. Diketahui, hipotensi pastural adalah keadaan orang yang merasa pusing saat bangun terlalu cepat.

Hipotensi Postural
Kabarperistiwa.com/Kolase -Ist.

Baca: 2 Khasiat Ampuh Makan Bawang Putih Kukus Yang Wajib Kamu Coba!

Bisa dikatakan bahwa hiportensi postural adalah kondisi di mana tekanan darah dalam tubuh tiba-tiba tegang. Hal ini dikarenakan pada saat tidur seluruh sistem dalam tubuh akan mengalami penurunan dalam bekerja.

Sehingga tentu dibutuhkan waktu agar sistem dalam tubuh bisa bekerja seperti biasa. Tubuh yang sudah berbaring 6-8 jam juga akan kaget karena tekanan dalam tubuh menegang.

Belum lagi dengan adanya gravitasi membuat tekanan darah turun drastis sehingga menyebabkan pusing. Apa lagi jika langsung mandi air dingin, tubuh akan mengalami perubahan suhu yang bisa membuat kepala pusing seperti ditusuk-tusuk.

Jantung Berdebar Lebih Kencang

Dengan tekanan yang tidak stabil dapat membuat jantung Anda berdetak lebih cepat karena supply darah menuju otak dan jantung sangat sedikit. Hal tersebut dapat menyebabkan kepala pusing dan berjalan jadi tidak seimbang, sel-sel khusus yang ada di samping jantung dan arteri yang ada di leher akan menurunkan darah.

Jantung Berdebar Lebih Kencang
Kabarperistiwa.com/Kolase – Ist.

Baca: 6 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Untuk Kesehatan

Sementara itu, mekanisme pembuluh darah jantung pada tubuh tidak bisa mengetahui kondisi bangun tersebut. Pusing juga disebabkan karena tekanan dan juga otak yang kekurangan suplai darah karena jantung tidak sempat memompanya.

Tekanan Darah Tidak Stabil

Ketika tidur tubuh Anda dalam kondisi rileks karena telah melakukan proses tersuply-nya tekanan darah ke seluruh tubuh, terutama otak. Darah akan menuju kaki secara tiba-tiba jika Anda bangun tidur langsung menuju kamar mandi. Hal tersebut dipengaruhi oleh gaya grafitasi, akibatnya fungsi rileks sistem syaraf akan terganggu.

Dislokasi Tulang Pinggul

Jika tubuh langsung berdiri ketika bangun tidur dalam jangka panjang dapat menyebabkan dislokasi tulang pinggul. Disfungsi tulang pinggul adalah gejala dimana tulang mengalami pergeseran dari tempat biasanya. Biasanya pergeseran tulang disebabkan oleh benturan, tetapi tidak menutup kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh gaya hidup yang salah.

Tubuh Gagal Merespon

Jika langsung mandi setelah bangun, akan menimbulkan gangguan kesehatan secara tidak langsung. Hal ini terjadi karena sirkulasi dalam tubuh yang tangguh. Namun, hal tersebut tidak bertahan lama, nantinya akan menyebabkan kegagalan tubuh dalam merespon. Gejalanya seperti pandangan kabur, muncul rasa pusing, keringat dingin, kesemutan, lelah dan lesu.

Kematian Mendadak

Untuk orang yang tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur sebaiknya tidak mandi ketika pagi harinya. Misalkan semalam hanya tidur beberapa jam saja, paginya tidak perlu terburu-buru mandi. Kenapa dilarang? Karena jika orang kekurangan waktu istirahat suhu tubuh bagian dalam mengalami pemanasan sehingga jika tersiram air dingin secara mendadak dapat menyebabkan kondisi tubuh tidak stabil dan dapat menyebabkan kematian secara mendadak akibat serangan jantung.

Disarankan bagi mereka yang bangun kesiangan ataupun lansung mandi, ada baiknya sediakan 2 hingga 5 menit sebelum benar-benar bangun. Setelah itu, minum air putih 1 atau 2 gulas.

Air putih ini berguna untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat tidur. Setelah itu lakukan aktivitas biasa seperti mandi, sarapan, dan lainnya.*

Share.